Kembali

9 STRATEGI MARKETING YANG AKAN
MENAIKAN LEVEL TOKO ONLINE KAMU.

Dalam dunia marketing atau pemasaran online, ada dua hal penting yang harus dikuasai, yaitu tentang bagaimana cara memasarkan produk secara efektif dan efisien. Mudahnya efektif adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan bekerja atau tidaknya strategi tersebut, sementara efisien berhubungan denga biaya dan tenaga.

Jadi bisa disimpulkan, seorang pengusaha, sudah selayaknya menguasai strategi atau cara pemasaran online yang efektif dan efisien, agar mendapatkan target yang tepat serta untuk memangkas biaya dan waktu promosi. Namun, yang jadi masalah adalah, tidak banyak dari kita yang mengetahui seperti apa pemasaran online yang efektif dan efisien itu. Untuk itulah di artikel ini kita akan mencoba menjelaskan 9 Strategi Pemasaran Online yang akan membantu kamu untuk memasarkan produk secara efektif dan efisien. Yuk disimak!

1. MENGENAL DIRI SENDIRI

Mengenali diri sendiri terlebih dahulu adalah tahap awal dari strategi pemasaran maupun strategi bisnis. “Diri” disini mengacu pada organisasi atau perusahaan secara keseluruhan. Ketika sebuah organisasi atau perusahaan telah mengenal dirinya dengan baik, maka akan dapat melihat berbagai permasalahan yang dihadapi dalam dunia bisnis dan mengembangkan strategi yang dapat mengatasi permasalahan tersebut, misalnya strategi komunikasi dalam pemasaran internasional, strategi komunikasi dalam pemasaran global, strategi komunikasi dalam membangun brand image, strategi pemasaran produk baru, serta pengaruh strategi komunikasi pemasaran terhadap keputusan pembelian.

2. MENGENAL PASAR YANG DITUJU ATAU KONSUMEN

Setelah mengenal diri sendiri dan mengidentifikasi permasalahan yang dihadapi, tahap selanjutnya adalah mengenal siapa yang menjadi calon konsumen atau pasar yang dituju. Mengetahui siapa yang menjadi konsumen sangat penting karena menjadi dasar bagi upaya pemasaran yang dilakukan oleh organisasi atau perusahaan untuk menjangkau konsumen melalui berbagai media komunikasi dan waktu yang tepat.

3. MENYUSUN TUJUAN PEMASARAN

Tujuan pemasaran adalah keluaran atau hasil yang diinginkan dari sebuah perencanaan pemasaran. Pada umumnya, tujuan pemasaran online mencakup tujuan organisasi dan tujuan pemasaran. Pada saat merumuskan tujuan pemasaran, perlu diperhatikan bahwa tujuan pemasaran dirumuskan secara jelas dan spesifik, dapat diukur, dan bersesuaian dengan tujuan organisasi atau perusahaan. Akan lebih baik jika tujuan pemasaran atau tujuan komunikasi pemasaran diwujudkan dalam bentuk tertulis agar tidak menimbulkan kebingungan.

4. MENYEDIAKAN DATA DAN INFORMASI

Pada umumnya, konsumen membutuhkan banyak sekali data dan informasi mengenai produk atau jasa yang diinginkan. Untuk itu, pemasar harus dapat menjadi sumber data dan jenis-jenis informasi yang kredibel dan dapat dipercaya oleh konsumen.

5. MERANCANG STRATEGI PEMASARAN, TAKTIK UNTUK MENCAPAI TUJUAN, SERTA ANALISIS STRATEGI

Berdasarkan analisis situasional yang dilakukan oleh organisasi atau perusahaan serta tujuan yang dirumuskan, tahap selanjutnya adalah merancang strategi pemasaran dan taktik untuk mencapai tujuan pemasaran online. Rancangan ini memungkinkan organisasi atau perusahaan untuk memuaskan keinginan khalayak sasaran dan untuk mencapai tujuan pemasaran.

Setelah melakukan penyesuaian strategi, maka strategi tersebut harus dianalisis yang disesuaikan dengan kebutuhan dan sumber daya yang dimiliki oleh organisasi atau perusahaan. Biasanya organisasi atau perusahaan menggunakan analisis SWOT untuk melakukan analisis yang menyeluruh terhadap strategi yang telah dirumuskan.

6. MERUMUSKAN PESAN

Dalam dunia yang serba digital seperti sekarang dimana komunikasi dilakukan secara online atau komunikasi online, isi pesan sangatlah penting. Semakin banyak isi pesan yang organisasi atau perusahaan miliki, maka akan semakin mudah bagi seseorang untuk mencari produk atau jasa yang ditawarkan oleh organisasi atau perusahaan. Isi pesan yang efektif adalah isi pesan yang bernilai, relevan, dan optimal yang dipublikasikan secara lintas platform secara konsisten.

Untuk menciptakan atau merumuskan pesan yang efektif, pemasar perlu memahami beberapa hal yaitu pesan harus menggabungkan inti merek, nilai, serta prinsip keseluruhan perusahaan; pesan harus selaras dengan tujuan mendasar; dan pesan perlu disesuaikan dengan khalayak sasaran dan saluran atau media yang digunakan.

7. IMPLEMENTASI DAN PEMILIHAN SALURAN YANG TEPAT

Setelah merumuskan perencanaan strategi pemasaran atau strategi komunikasi pemasaran, langkah selanjutnya adalah mengimplementasikan perencanaan pemasaran ke dalam praktek. Salah satu cara untuk berkomunikasi secara efektif dengan konsumen adalah dengan memahami segala sesuatu mengenai konsumen yang meliputi perilaku online dan offline, interaksi, serta preferensi media. Hal ini perlu dilakukan untuk menyesuaikan isi pesan dengan media yang akan digunakan karena media komunikasi yang sangat populer di mata publik belum tentu sesuai dan tepat untuk memasarkan produk, jasa, atau merek suatu organisasi atau perusahaan. Terkait dengan hal ini,maka pemasar juga perlu memahami fungsi media komunikasi secara umum.

8. MELACAK, MENGANALISA, DAN OPTIMASI

Pemasaran yang dilakukan secara online dapat dilacak, dianalisa, dan memberikan umpan balik ke dalam perencanaan untuk lebih mengoptimalkan strategi pemasaran. Internet memungkinkan organisasi atau perusahaan untuk melacak dan menganalisa setiap taktik yang telah dilakukan. Hal ini sangat berguna bagi organisasi atau perusahaan untuk melihat apakah semua taktik yang telah dilakukan bekerja sesuai rencana atau tidak.

9. MANFAAT MEMPELAJARI STRATEGI MARKETING ONLINE

Mempelajari strategi marketing online dapat memberikan beberapa manfaat, diantaranya adalah:

  1. Kita dapat mengetahui dan memahami makna online marketing atau pemasaran online.
  2. Kita dapat mengetahui dan memahami beberapa tahapan dalam menyusun strategi marketing online.
  3. Demikianlah ulasan singkat tentang strategi marketing online. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita tentang pemasaran khususnya strategi pemasaran online yang kini diterapkan oleh berbagai organisasi atau perusahaan seluruh di dunia.

Source: https://pakarkomunikasi.com/strategi-marketing-online

Kembali

Top